Rabu, 16 Februari 2011

Macroni schotel Ine elkaje

Resep ini aq dapat dari milis NCC
Mohon maaf kalo lupa yang nulisnya ( nanti coba saya cari ulang)
Di jiplak persis karena catatan penulis sangat penting untuk uji coba kelak
Semoga teman2 yang membacanya tidak marah dengan aksi saya ini
Pengen coba.......di simpen dulu disini..
Makaroni Schotel Ala Ine Elkaje

Bahan2 :

  • 250 gr Macaroni elbow, rebus 3/4 matang
  • 200 gr Keju, potong dadu 1/2X1/2 cm (saya cuman pake 70 gr, bayangin, pake segini aja orang rumah minta tambah, apalagi pake sesuai resep??hehehehhe)
  • 3 buah sosis, belah 2, potong tipis 3 mm (saya ganti pake 100 gr kornet)
  • 100 gr daging giling special (sedikit lemak) (saya pake 200 gr)
  • 400 cc susu cair
  • 5 butir telur
  • 1 butir bawang bombay, potong kecil kecil
  • 2 sendok makan margarine
  • garam, gula, pala, merica (inget, garam,gula,pala,merica ini harus memberikan rasa ke makaroni schotel ini, jadi pastiin takerannya tuh sesuai untuk makaroni yang di kukus)

Topping Saus Putih:
  • 1 sdm margarine (1 sendok munjung)
  • 2 sdm tepung terigu
  • 250 cc susu cair
  • garam, merica
  • 100 gr keju parut (saya pake 50:50 = keju parut quick melt : keju cheddar lembaran,potong kotak2)

Cara membuat :

Makaroni :
  • Tumis bawang bombay dengan margarine sampai bawang layu, masukkan pala, daging giling. Tumis sampai daging matang, angkat, sisihkan.
  • Campur semua bahan schotel (keju,sosis,susu cair, telur,garam,gula,merica) termasuk tumisan daging, aduk rata, jangan lupa...cicipi.
  • Tuang ke dalam pinggan tahan panas yang sudah di oles margarine
  • Kukus selama 30 menit. sisihkan

Topping (saya buat cara sesat,but it works) :
  • Campurkan susu + tepung terigu, aduk rata,sisihkan
  • Cairkan margarine di atas wajan api kecil, cairan susu dan tepung terigu,aduk terus sampai mendidih dan meletup2
  • Masukkan garam dan merica, aduk sebentar
  • Angkat, sisihkan.

Penyelesaian:
  • Tuang topping ke atas schotel, ratakan, taburi dengan keju parut.
  • Panggang dengan api atas selama 15 menit (saya pake otang dengan suhu 175 derajat C, ga pake patokan waktu, patokannya sih kalo keju mencair..itu kalo pake keju quick melt, tapi kalo pake keju parut liat aja sampe kejunya agak kuning dikit)

0 komentar:

 

Pojok cob@-cob@ Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template