Jumat, 08 Januari 2010

Memanagemen keuangan bakul kue

Meraih sukses lewat usaha yang ditekuni adalah impian setiap pengusaha
Begitu juga impian sang amatir...sang bakul kue yang masih amatir ini
Untungnya dapurku memiliki seorang akunting lulusan S2 univ.terkemuka di Jakarta (narcis.com) hahahha...
Beliau pesan kalau mau sukses..jangan pernah mencampur adukkan keuangan bisnis dengan keuangan dapur pribadi.
Semua pasti mencibir....."ah..itu juga gw udah tahu"
Tapi sering kali kita alpa...sering kali kita lupa..atau sering kali kita kepepet..lihat duit nganggur pakai dulu ah....
Boleh saja hal ini dilakukan..sah-sah saja ,tapi sekali lagi kiat sukses kembali pada disiplin diri kita sendiri..
Kalau dalam keadaan mendesak kita tidak dapat menghindari pemakaian kas jualan kita ,hal tersebut diperbolehkan tapi dengan catatan semua harus tercatat dan dikembalikan pada saldo yang telah tertera pada kas jualan kita.
Buat yang sudah mampir dan membaca tulisan ini...pasti memiliki fasilitas komputer.
Bikin saja file dengan excel untuk mengelola keuangan jualan kita dan keuangan dapur kita
Masukkan rumus2 tertentu untuk penjumlahan secara otomatis atau juga rumus2 modal beberapa jenis kue yg sering kali kita buat.
Untuk rumusnya saya yakin semua bisa...(ngeles..karena yang nulis kaga bisa boooo...pan ada akuntanku)
Kalo sudah ya tinggal kita mendisiplinkan diri untuk mengisinya setiap kali kita belanja bahan kue,atau mendapat uang dari hasil jualan kue kita,atau juga memberi kue sebagai tester atau gift ( harus dimasukkan karena mengurangi stock jumlah bahan kue kita )
Saya juga belom tahu rasanya sukses itu....
Tapi saya yakin...kami berdua yakin...manajemen keuangan kita sesuai prosedur..sukses itu berlahan2 akan datang....tentu dengan diiringi doa kepada Allah SWT,amien...
Yach ....paling tidak dapur jualan kita tidak tekor...serta uang keluar masuk menjadi jelas....

3 komentar:

pi mayang on 8 Januari 2010 pukul 20.18 mengatakan...

yah mama, sekolah tinggi2 cuma nyuporting bakul kue...hehe...(cuekbebek.com)

bunda isa on 14 November 2011 pukul 12.31 mengatakan...

Mbak , aku mau dong dikasih tau yang lainnya lagi, aku juga baru belajar jualan, duit masuk, tapi aku gak tahu dimana untungnya, kadang-kadang kelebihan hasil jualan malah habis buat biaya entertaint anak-anak karena ditinggal sibuk bikin kue, makasih sebelumnya yaa

mutiara on 12 Oktober 2015 pukul 18.30 mengatakan...

salam sukses kakak, saya ini kan lagi belajar masak, makanya saya lagi cari cari resep makanan di internet, eh taunya mampir deh ke blog kakak ini, kemaren saya liburan spa vacations sambil jalan jalan ambil paket wisata lombok , saya ada beli oleh oleh khas lombok pada toko yang jual madu asli di pulau lombok tersebut, nah kakak punya gak resep resep makanan, resep kue, atau resep minuman yang berbahan dasar madu atau resep kombinasi yang memakai madu ? terimakasih ya untuk tulisan tulisan kakak .. keep writes

 

Pojok cob@-cob@ Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template