Jumat, 08 Januari 2010

Tip tentang donat

ga pernah bosan dengan yang namanya donat..
Begitu memasyarakat..
Begitu banyak juga artikel tentang donat yang sudah saya baca
Kesimpulan saya sementara sih donat-donat yang terkenal itu tetap tidak tertandingi ,karena mereka menggunakan tepung premix yang kerahasiannya sangat terjaga,begitu pula dengan "Donat Kampung Utami" yang juga menggunakan tepung premix.Untuk isinya tepung premix itu sendiri saya juga tidak tahu.
Oke ..saya hanya akan menulis tip berdasarkan pengalaman yang sudah saya rasakan selama ini

1.Jika adonan donat yang sudah sesuai resep tapi tetap juga lengket dan donat tersebut sudah sampai pada tahap elastis,jangan tambahkan tepung kedalamnya karena akan membuat tekstur donat semakin keras.
Hal yang sebaiknya dilakukan adalah oleskan tangan anda dengan menggunakan mentega dijamin anda akan mudah membentuk donat tersebut

2.Jika adonan yang ada dirasakan berlebihan banyaknya pada hari itu atau anda akan menjualnya keesokan harinya,simpan saja adonan donat yang telah melalui fase pengembangan ke dalam flizer dan tutup rapat.Keluarkan donat dari flizer dan diamkan pada suhu ruang ( kalau saya ,diletakkan dibawah lampu belajar agar cepat kembali ke suhu ruang ) dan donat akan kembali mengembang.
Minimal waktu yang digunakan biasanya 1 jam hingga donat berpenampilan seperti waktu sebelum dimasukkan ke flizer.

3.Jangan mempertemukan garam dan ragi ya..karena akan  mematikan ragi yang digunakan.Masukan garam terakhir setelah mentega masuk dalam adonan

4.Mengapa donat kentang lebih empuk dari donat biasa ? Karena saya pernah membaca kentang memang banyak digunaka sebagai pengempuk alami  hasilnya sangat berbeda dengan donat tanpa kentang



Dalam gambar saya tampilkan donat yang telah saya masukkan ke Flizer,memang agak mengkerut  tapi dijamin donat akan kembali kebentuk semula dan siap untuk di goreng

Ini resep donat kentang saya ( ngarang .com)

Donat kentang
by.Dapur Mayang

500 gr tepung ( sgtiga boleh...cakra makin ok )
2 telur
1 sdm ragi instan
100 gr gula
100 cc air es
1 sdm munjung susu bubuk
1/4 sdt bread improver ( saya pake parfait crown harganya 35 rb/50 gr)

Semua bahan diatas dimixer dulu ( mixer khusus roti ya ) setelah tercampur tambahkan 250 gr kentang yg telah diblender.kacok lagi.

Masukkan 1 sdm mentega  kocok lagi
Masukkan 1/2 sdt garam
Kocok lagi hingga elastis (jika ditarik melebar tidak putus ya..)
Cara pengembangan:
1.Diamkan adonan selama 30 mnt
2.Bentuk adonan sesaui selera dan diamkan kembali hingga adonan mengembang 2x lipat
3.Donat siap digoreng ( lebih baik dgn minyak padat khusus donat )

Oke selamat mencoba
Silahkan balik lagi jika sudah mencoba resep saya dan jangan lupa tulis coment nya ya.....

0 komentar:

 

Pojok cob@-cob@ Copyright © 2009 Cookiez is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template